Profil
Usaha
Toko Hj. Lanti
Pasar Induk Karisa Kab. Jeneponto
Awal
di mulainya usaha dagang Toko Hj. Lanti ini di mulai sejak di resmikannya pasar
karisa pada tahun 2000an, Yang awalnya pasar ini berada di bontosunggu yang
sekarang menjadi lapangan upacara yang diberi nama passamaturukang. Usaha
dagang toko Hj. Lanti bergerak dibidang barang campuran atau barang pokok atau
barang kebutuhan sehari-hari, seperti kopi, gula, susu, indomie, rokok, permen dan
lain sebagainya secara Grosir dan Eceran yang lokasinya berada di dalam pasar. Usaha ini dikelolah
sendiri oleh Hj.Lanti yang lahir pada tahun 1976 di bontosunggu kab. Jeneponto,
provinsi Sulawesi Selatan, tamatan SMA istri dari Dg. Tompo yang sekarang sudah
memiliki tiga orang anak.
Modal
awal mendirikan usahanya kurang dari Rp.100.000.000.-, itupun sebagian dari
pemberian sang mertua. Dan dibagi 2 oleh sang suami. Yang pada waktu itu suami
juga menjual jam, tas, dan service jam di tempat berbeda namun masih berlokasi
dipasar.
Kesuksesan
usaha ini belum terlihat secara fisik hingga tahun 2007, dan usaha suaminya pun
mulai mengalami penurunan. Namun Hj. Lanti tetap optimis menjalakan usahanya
walau awalnya yang rata-rata ke tokonya adalah pelanggan dari keluarga sendiri.
Dan mulai melakukan strategi menjual
diantaranya yaitu:
1. Harga
rokok di jual dengan semurah mungkin atau hanya mengambil keuntungan Rp.100,-
hingga Rp.500,- / pak nya.
Mengapa
demikian..?
Karena
rokok merupakan barang kebutuhan yang mempengaruhi barang lainnya. Sehingga ia
memperoleh keuntungan yang besar dari barang lainnya.
2. Hampir
semua pelanggan baru yang datang ke Tokonya di berikan sabun cuci atau sabun
mandi atau lainnya dengan alasan memberikan untuk di pakai dirumah. Tujuannya
untuk mengambil hati konsumen agar merasa senang berbelanja dan pasti akan
selalu datang.
3. Hj.
Lanti ini murah senyum dan mudah
mengambil hati para setiap pelangganya. Sehingga pelangganya tetap setia.
4. Proses
pekerjaan atau pelayanan dengan cepat namun tetap telitih oleh para pekerjanya.
5. Harga
yang diberikan pada pelanggan yang membeli banyak dengan sedikit berbeda
sehingga penhasilannya banyak.
Hj.
Lanti juga selalu melakukan kepuasan pelanggan sesuai dengan yang ada di dalam teori tanpa dia sadari karena saya sendiri adalah
pernah menjadi karyawannya juga menjadi pelanggan serta tante saya sendiri,
yaitu sebagai berikut:
1. Memenuhi
keinginan pelanggan.
2. Cintailah
pelanggan dan bukan produk anda.
3. Andalah
yang menentukan.
4. Melakukan
segalanya dalam batas kemampuan anda untuk menghargai uang pelangganyang syarat
dengan nilai, mutu, dan kepuasan.
Setelah
mulai sukses dengan strateginya itu ia pun mulai meningkat dan membeli
ruko-ruko kosong yang ada disekitar Tokonya sebagai gudang penyimpanan barang.
Dan mulai juga membeli tanah kosong di depan pasar dan membangun sebuah toko
yang lumayan besar dan menjual mebel
seperti lemari , tempat tidur, sofa, dan lain sebagainya. Kesuksesannya pun
semakin meningkat dan membeli mobil pribadi serta mobil opencup pada awal tahun
2009.
Namun
pada akhir tahun 2009 pasar mengalami kebakaran akibat arus pendek saluran
listrik. Untuk men waspadai, para keluarga dan
kerabat Hj. Lanti datang membantu mengangkat barang keluar pasar, namun
alhmdulillah tokonya tidak terkena si jago merah.
Tapi
karena melihat kondisi yang ada di pasar terpaksa Toko Hj. Lanti melanjutkan
usahanya di toko meblenya yang bersampingan. Awal pindahnya toko nya hampir
mengalami keterpurukan namun beberapa bulan kemudian tokonya mulai ramai dan
bahkan skrg sejajar dengan toko besar dan bahkan dia terbesar yang ada di pasar
Jeneponto. Dan sekarang sudah memiliki 3 toko yang berlokasi sangat strategis juga memiliki
3 mobil pribadi, 2 mobil truk, dan 3 mobil opencup. Yang dibelinya secara tunai
dan bahkan menginvestasikan uangnya di bank.
Keberhasilan Toko Hj. Lanti juga
akibat dari kreditur yang hanya menyimpan barangnya di gudang atau menitipkan
barangnya, dan pembayaran yang dilakukan Hj. Lanti yaitu ketika barang itu
telah berkurang atau hampir habis dan mengkredit lagi, begitu terus berulang
sampai sekarang dan juga hal itu tergantung pada siapa krediturnya. Sehingga
modalnya semakin bertambah.
Prestasi-prestasi yang pernah di
dapat Toko ini dari target penjualannya sangat banyak atau hadiah yang di dapat dari kreditur yaitu di
antaranya:
1. Penjualan
terbanyak susu Frisian Flag khusus daerah Jeneponto, liburan ke Bali pada tahun
2011.
2. Motor
mio
3. Kulkas
4. Tv
gambar
Ini
adalah toko mebel nya
Ini
adalah toko yang baru di bangun berada di lokasi yang sangat stategis di pasar
yaitu di pintu keluar pasar yang nantinya pasar akan pindah tempat yang lebih
baru dan yang lama akan di gusur.
Penjualannya
dalam sehari mencapai Rp.100.000.000,- atau rata-rata Rp.70.000.000, diluar
usaha mebel nya dan keuntungan yang di perolehnya diperkirakan sekitar 5% dari
penjualan rata-rata nya, maka:
Rp.70.000.000,-
x 5% = Rp.3.500.000,-. Dalam sehari. Jika menghitung keuntungan kotornya dalam
sebulan yaitu Rp.3.500.000,- x 30 hari = Rp.105.000.000,-/bulan. Dan
biaya-biaya yang di keluarkan untuk pembayaran gaji untuk 10an orang karyawan
Hj. Lanti di luar karyawan mebelnya yaitu per karyawan berbeda sesuai dengan
prestasinya atau kinerjanya namun di rata-ratakan sebesar Rp.800.000,-.maka:
Rp.800.000,-
x 10 0rang = Rp.8.000.000,-/bulan.
3 komentar:
makasih,
alhamdulillah. pulih juga ini
Sy suka Sekali
Posting Komentar