Sabtu, 15 Juni 2013

contoh makalah proposal Studi Kelayakan Bisnis Usaha Coto Kuda Boyong jeneponto

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Terdapat sejumlah kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan menggunakan gambar kuda dalam  lambang daerahnya. Akan tetapi menyebut jenis hewan besar tak bertanduk tersebut di jazirah selatan Pulau Sulawesi, ingatan orang akan  banyak tertuju ke Kabupaten Jeneponto yang terletak di wilayah selatan Sulawesi Selatan.
Tidak ada catatan jelas siapa yang merintis serta sejak kapan kuliner Coto Kuda ini menjadi salah satu makanan kebanggaan masyarakat di daerah yang berjuluk ‘Bumi Turatea’ tersebut. Namun orang-orang di Sulawesi Selatan umumnya sudah tahu, jika yang namanya Coto Kuda awalnya hanya dapat dibeli di warung-warung yang terdapat di wilayah Turatea Kabupaten Jeneponto, lalu menyebar ke daerah-daerah sekitarnya seperti Kabupaten Takalar, Kabupaten Bantaeng, dan Kabupaten Gowa.  Coto kuda adalah salah satu makanan khas derah jeneponto kabupaten jeneponto sulawesi selatan. Coto kuda terbuat dari daging kuda yang dipilih bukan untuk digunakan sebagai pekerja. Coto kuda banyak ditemukan di daerah sekitar jeneponto.
Dibandingkan dengan Coto Makassar yang menggunakan daging sapi/kerbau, kuliner coto yang menggunakan daging kuda justru terasa lebih empuk, mengandung banyak protein, serta kurang lemak. Coto Kuda ada yang mengakui dijadikan sekaligus sebagai obat alternatif untuk penyembuhan penyakit asma, TB, epilepsy, ATS, menyembuhkan badan pegal-pegal dan linu tulang, menghidupkan gairah serta menambah kekuatan vitalitas tubuh bagi kau pria
.

1.2  Alasan
Adapun Alasan dari pembuatan Proposal ini adalah:
1.      Jeneponto dikenal sebagai makanan khas  Coto kuda dan di lambangkan dengan patung kuda dan serta banyak warga jeneponto yang berternak kuda.
2.      Lokasi penjualan usaha coto kuda, sangat strategis yaitu berada di jalan poros.
3.      Merupakan tempat singgah atau tempat istirahat bagi sopir angkutan luar kota.
4.      Berada di pusat wisata boyong sehingga pengunjung yang berasal dari luar kota yang lagi liburan pasti ingin mencoba Coto Kuda.

1.3 Tujuan
Adapun Tujuan dalam pembuatan proposal ini adalah:
1.      Untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.
2.      Untuk menambah daya tamping tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.
3.      Memasarkan produk hasil olahan kepada masyarakat sekitar.
4.      Memperkenalkan wisata makanan khas Coto Kuda bagi Pengunjung.
5.      Membutuhkan sebuah investasi untuk pengembangan usaha Coto Kuda.
6.      Untuk mengetahui hasil perhitungan NPV ,IRR, Net B/C Ratio, BEP, dan pmengetahu perhitungan pyoyeksi laba rugi.





Tidak ada komentar:

Studi Kelayakan Bisnis untuk Permulaan

BAB I PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang Terdapat sejumlah kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan menggunakan gambar kuda dalam  lamba...